Tips Mengurangi Cedera Saat Olahraga

31 December 2009 at 6:32 AM (SoftSkill, Tulisan)


Berolahraga adalah cara yang paling benar untuk membuat tubuh kita memiliki bentuk proporsional. Tapi jika kita salah melakukan gerakan dan tidak mengerti bahasa otot, maka cedera menjadi trauma tersendiri bagi aktivitas fisik ini.

Untuk membuat tubuh kita jauh dari cedera, lakukanlah beberapa hal di bawah ini. Dan setelah itu, temukan kepuasan lain dari berolahraga.

Sebelum mulai berolahraga :
Konsultasilah pada dokter atau trainer olahraga. Mengapa? Karena kita sebagai orang awam, tidak paham bagian otot mana yang harus dibentuk terlebih dahulu yang disesuaikan dengan postur tubuh kita sekarang. Belum lagi jika kita memiliki penyakit tertentu, kita harus memilih olahraga yang tidak hanya aman bagi postur tubuh tapi juga bagi “kondisi” khusus tersebut.

Jangan tergesa-gesa. Sering kali, cedera dialami saat kita terlalu memaksakan satu gerakan. Karena itu, ikuti saja petunjuk dokter olahraga atau trainer kita. Mereka sudah paham betul mengapa satu gerakan dilakukan selama beberapa hitungan.

Ikuti teknik gerakannya :
Kuncinya adalah tidak menjadi orang yang sok tahu. Gerakan yoga misalnya, meski terlihat ringan tapi jika kita salah melakukan awalan maka yang ada kita justru menciderai otot. Jadi dengarkan setiap instruksi yang diberikan pelatih kita. Jika dirasa tidak bisa melakukannya, tanyakan pada pelatih kita alternatif gerakan.

Usai Olahraga :
Beri jeda antara satu gerakan latihan ke gerakan berikutnya. Karena bagaimana pun juga kita harus mendengarkan apa yang dikatakan tubuh kita. Bila rasa nyeri lebih sering muncul sepanjang latihan, lebih baik hentikan latihan. Dan untuk intensitas, tiga kali seminggu adalah waktu yang baik. Tapi jangan lakukan 3 hari berturut-turut, sebaiknya tubuh beristirahat 48 jam baru mulai latihan dengan gerakan baru. Strategi ini selain membuat otot-otot beristirahat, saat kita memulai latihan kembali maka kondisi tubuh siap untuk dibentuk kembali.

Lakukan relaksasi otot, apalagi ketika gerakan kita lebih banyak ditujukan untuk membentuk fisik tubuh. Setidaknya berikan 30 menit kelegaan bagi otot-otot kita setelah “ditarik” sana-sini. Jika tidak, keesokan harinya, yang kita rasakan hanyalah nyeri dan ini yang membuat kita jadi malas berolahraga.

1 Comment

  1. hurom slow juicer lowest price said,

    Today, I went to the beach with my kids. I found a sea shell and gave
    it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She placed
    the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is completely
    off topic but I had to tell someone!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: