Interaksi antara manusia dengan komputer dalam film I, Robot

30 September 2010 at 3:16 AM (Tugas)


SINOPSIS FILM I, ROBOT

Didasarkan pada novel karya Isaac Asimov, ‘I, Robot’ adalah sebuah kisah yang terjadi di Chicago pada tahun 2035. Selama waktu itu robot di mana-mana, melakukan semua pekerjaan kasar dari koleksi sampah, membersihkan, memasak dan pengiriman mail. USRobotics, produsen terbesar di dunia robot adalah untuk memperkenalkan model baru NS5, sebuah robot yang kuat yang mampu melakukan sebagian besar pekerjaan rumah tangga.
Lawrence Robertson (Bruce Greenwood) berharap untuk menangkap pasar dunia dengan produk baru. Tiba-tiba, perancang kepala dari robot Dr Alfred Lanning (James Cromwell) ditemukan tewas di lantai lobi atrium gedung utama USRobotic’s, tampaknya bunuh diri.

Dr Lanning telah mendesain robot berikut 3 Asimov Hukum yang menyatakan bahwa

  1. Robot tidak boleh melukai manusia atau, melalui kelambanan memungkinkan manusia untuk datang untuk menyakiti
  2. Robot harus mematuhi perintah yang diberikan oleh manusia, kecuali perintah tersebut akan bertentangan dengan Hukum Pertama
  3. Robot harus melindungi keberadaannya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan Hukum Pertama atau Kedua.

Del Spooner (Will Smith), seorang detektif dengan departemen polisi Chicago mulai investigasi kematian misterius Dr.Lanning. Cepat ia tersangka penemu kreasi terbaru, robot bernama Sonny. Spooner mengungkap konspirasi besar yang membawa sebuah pemberontakan robot penuh sesak nafas. Movie transpires beberapa 31 tahun ke depan dengan prediksi bahwa robot adalah cara masa depan.

Film mengeksplorasi tentang kemampuan teknologi manusia serta bagaimana kita dapat melindungi diri dari bencana yang disebabkan oleh penemuan teknologi yang sama. Ini adalah film fiksi ilmiah tetapi tidak memiliki kekayaan imajinasi. plot ini mendebarkan namun tidak memiliki kedalaman. Sonny, robot adalah kreasi komputer grafis brilian. Efek khusus yang mengesankan. Ada banyak liku-liku dalam film. Beberapa lelucon yang dangkal. Will Smith telah membuktikan bahwa ia semakin baik sebagai seorang aktor. Film memberikan visi yang menarik dari 2035 Chicago. Sains fiksi dan pecinta film aksi akan menyukainya.

Hubungan Interaksi antara manusia dengan komputer

Pada film ini terlihat sangat erat hubungan antara manusia dengan komputer, dimana robot(komputer) yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, hanya tinggal diberikan perintah dengan suara maka sang robot akan langsung melakukan perintah yang diberikan kepadanya. Robot diprogram  dengan banyak kondisi, jika diberi inputan  “A” maka akan melakukan hal “A”, jika diberi inputan “B” maka akan melakukan hal “B” dan begitu selanjutnya. semakin kompleks kondisi yang dibuat/dimasukkan pada robot maka robot bisa dikatakan semakin cerdas. Tetapi ada Hukum-Hukum yang terdapat pada robot ini yaitu:
  • Satu, mereka tidak bisa melukai manusia atau, memungkinkan manusia untuk datang untuk menyakiti.
  • Dua, mereka harus melakukan apapun yang diperintahkan oleh manusia selama perintah seperti itu tidak bertentangan dengan hukum satu.
  • Tiga, mereka harus mempertahankan diri selama pertahanan seperti itu tidak bertentangan dengan undang-undang satu atau dua.

Hukum ini dalam ilmu komputer bisa kita anggap sebagai batasan-batasan atau suatu kondisi agar sang robot tidak melenceng dari tujuan utamanya. Robot pada film ini menggunakan kecerdasan buatan yaitu agar robot dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.
kedepannya mamang sangat mungkin untuk hal-hal yang terjadi pada film ini seperti robot yang cerdas akan tercipta, ini bisa berdampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia di dunia, tetapi secerdas-cerdasnya robot(komputer) yang telah diciptakan tetap saja manusia yang menciptakannya yang lebih cerdas.
Dampak positifnya dari kemajuan teknologi robot adalah memudahkan pekerjaan manusia.
Dampak negatifnya adalah ketika sistem sedang kacau, maka akan membawa efek pada manusia. Seperti sistem yang berjalan pada robot tadi, mereka sudah diprogram dan sudah diberi hukum, tetapi jika ada orang yang ingin memanfaatkan demi kepentingan pribadi seperti merubah program yang sudah tertanam pada robot tersebut maka dapat memberikan kekacauan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: