SOSOK PRESIDEN 2014.?

8 November 2010 at 5:39 AM (SoftSkill, Tugas)


ajak pendapat Kompas 4/10/2010 mengungkapkan bahwa 45,1 % responden lebih menyukai jabatan presiden dipegang oleh tokoh militer dibandingkan dengan tokoh sipil. Yang mendukung tokoh sipil hanya 26 %, sedikit lebih kecil dibandingkan dengan responden yang memilih tokoh sipil atau militer sama saja yaitu 27,1 %.

Dikotomi sipil militer yang diberlakukan dalam jajak pendapat ini bukan untuk dipertentangkan, tetapi untuk klarifikasi latar belakang seseorang dalam menduduki jabatan tertinggi di republik ini. Klarifikasi tersebut diperlukan sebagai dasar untuk memberikan penilaian. Dalam kenyataannya, penilaian masyarakat terhadap latar belakang seorang presiden mencerminkan harapan yang paling optimal terhadap kemampuannya dalam upaya mensejahtetakan rakyatnya dan memimpin negara ini secara bermartabat.

Tampaknya, sebagian besar responden masih lebih menginginkan seorang yang memiliki latarbelakang militer, walaupun harus diakui terdapat kekecewaan terhadap tokoh militer yang sekarang jadi presiden. Kecenderungan ini secara tidak langsung mengungkapkan bahwa tokoh militer yang jujur, adil, berwibawa, tegas dan berani masih didambakan oleh responden jajak pendapat tersebut.

pada pemilu presiden 2014 mendatang akan munculnya “trend Obama”. Maksudnya, akan muncul seorang tokoh yang semula tidak diperhitungkan tapi dalam perjalanan waktu mampu memikat masyarakat.

yang muda ataupun yang sudah berpengalaman, tak jadi masalah. asal dia mampu meyakinkan rakyat kalau dia bisa menjadi sosok presiden yang diinginkan rakyat Indonesia dengan kualitas baik ucapan maupun perbuatannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: